In House Training (IHT) SMKN 1 Cianjur 2016
SMKN 1 Cianjur merupakan salah satu SMK Sasaran Penerapan Kurikulum Nasional. Melaksanakan IHT Kurikulum hari Jum,at dan Sabtu Tgl 29-30 Juli 2016 bertempat di Aula SMKN 1 Cianjur. Pelatihan diikuti oleh seluruh guru SMKN 1 Cianjur. Sedangkan nara sumber berasal dari Guru-guru SMK N 1 Cianjur yng sudah mengikuti berbagai pelatihan kurikulum 2103/Nasional (IN) Materi IHT berisi konsep inti Kurikulum 2013/Nasional diantaranya :
[caption id="attachment_419" align="aligncenter" width="347"]
In House Training (IHT) SMKN 1 Cianjur 2016[/caption]
Kurikulum 2013/Nasional menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, (Observing) menanya (Questioning), menalar (Associating) , mencoba (Experimenting) membentuk jejaring (Networking) untuk semua mata pelajaran.
Jadi yang menjadi fokus sekolah sekarang ini adalah menjalankan konsep kurikulum/nasional dengan spectrum baru dan guru untuk mengadopsi model pembelajaran menuju kearah penguatan sikap, ketrapilan dan pengetahuan yang terintegrasi dengan Scientific Approach terhadap mata pelajaran masing.-masing dengan mulai melakukan perubahan pada Silabus dan RPP yang ada.
- Konsep Kurikulum 2013/Nasional (spectrum Baru)
- Analisis KI, KD dan IPK
- Analisis Materi Ajar
- Perencanaan Model Ajar
- Analisis penilaian
[caption id="attachment_419" align="aligncenter" width="347"]
Kurikulum 2013/Nasional menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, (Observing) menanya (Questioning), menalar (Associating) , mencoba (Experimenting) membentuk jejaring (Networking) untuk semua mata pelajaran.
Jadi yang menjadi fokus sekolah sekarang ini adalah menjalankan konsep kurikulum/nasional dengan spectrum baru dan guru untuk mengadopsi model pembelajaran menuju kearah penguatan sikap, ketrapilan dan pengetahuan yang terintegrasi dengan Scientific Approach terhadap mata pelajaran masing.-masing dengan mulai melakukan perubahan pada Silabus dan RPP yang ada.
Comments
Post a Comment